Mengenal Jenis & Cara Kerja Mobil Hybrid | Dealer Toyota Semarang

Apa itu Mobil Hybrid? - Mobil Hybrid adalah mobil yang menggunakan dua atau banyak sumber tenaga untuk menggerakan mobil tersebut. sebutan ini lebih umum merujuk pada kendaraan listrik yang menggabungkan sebuah mesin pembakaran dalam dengan satu atau banyak motor listrik. Belakangan ini penjualan mobil bertenaga listrik mulai meningkat pesat. Bahkan di beberapa negara seperti Norwegia, penjualan mobil listrik mengalahkan penjualan mobil berbahan bakar minyak. Namun sebelum mobil listrik mulai populer seperti sekarang, terlebih dahulu ada mobil hybrid. Apa itu mobil hybrid dan bagaimana kerjanya?

Harga Toyota Semarang


Definisi Mobil Hybrid adalah mobil yang tenaga penggeraknya lebih dari satu tenaga penggerak. Karena kita akan membahas HEV (Hybrid Electric Vehicle), artinya selain memiliki mesin pembakaran konvensional, mobil hybrid dibekali pula oleh sistem penggerak tambahan yang bertenaga listrik. Mayoritas Mobil Hybrid memakai mesin berbahan bakar bensin dengan tambahan motor listrik. Selain itu ada pula diesel hybrid yang memakai mesin berbahan bakar solar selain penggerak motor listrik.

Tujuan mobil hybrid adalah untuk mengoptimalkan penggunaan motor elektrik karena hemat energi dan ramah lingkungan. Kendaraan Mobil Hybrid adalah jembatan menuju mobil listrik murni. Mobil hybrid adalah kompromi dari kekurangan mobil listrik murni. Mobil listrik memiliki kekurangan pada jarak tempuh perjalanan karena kapasitas penyimpanan energi listrik pada baterai yang terbatas. Inilah kegunaan mesin bensin, Selain menggerakkan kendaraan, mesin bensin juga berfungsi untuk mengisi kembali energi listrik pada baterai.

Harga Toyota Hybrid Semarang


Beberapa Konfigurasi Sistem Mobil Hybrid & Cara Kerjanya:

1. Pararel Hybrid
Semua mobil hybrid memiliki mesin pembakaran konvensional, motor listrik dan baterai. Pada mobil dengan konfigurasi paralel hybrid, baik mesin bensin maupun motor listrik keduanya terhubung dengan roda. Artinya, mesin bensin maupun motor listrik masing-masing memiliki kemampuan untuk memutar roda secara independen. Sistem konfigurasi Hybrid jenis ini paling umum digunakan dan pioneer Mobil Hybrid jenis ini di era modern adalah Toyota. Sistem hybrid ini oleh Toyota disebut Hybrid Synergy Drive (HSD). Hybrid jenis ini dipopulerkan melalui Toyota Prius Hybrid. Sekarang sudah banyak mobil Toyota yang mengadopsi sistem hybrid ini, yang dipasarkan di Indonesia saat ini diantaranya adalah Toyota Camry Hybrid dan Toyota Alphard Hybrid.

Harga Camry Hybrid Semarang


Ketika melaju dalam kecepatan rendah, seperti saat sedang menghadapi kemacetan, motor listrik bekerja memutar roda. Namun jika pengendara mulai berakselerasi, disini mesin bensin mengambil alih peran motor listrik untuk memutar roda. Menariknya saat melaju pada kecepatan menengah, motor listrik akan berbagi beban dengan mesin bensin untuk memutar roda sehingga bahan bakar yang dikonsumsi oleh mesin bensin dapat direduksi secara signifikan.

Penggunaan mesin bensin pada mobil hybrid jenis ini dibuat seminimal mungkin dan mengoptimalkan penggunaan motor listrik. Tujuannya, penghematan bahan bakar. Menariknya, sistem hybrid ini juga memungkinkan mesin beroperasi sebagai generator untuk mengisi ulang energi listrik pada baterai. Secara otomatis mesin akan hidup untuk mengisi ulang baterai bila energinya terkuras. Jadi bila energi yang tersimpan pada baterai telah habis, tak perlu repot mencari colokan listrik dan menunggu lama sampai energi baterainya terisi penuh kembali seperti layaknya mobil listrik murni pada umumnya.

Harga Toyota Alphard Semarang


2. Series Hybrid
Mobil Series Hybrid atau Full Hybrid, mobil hybrid jenis ini memanfaatkan motor listrik sebagai satu-satunya tenaga penggerak. Mobil Hybrid jenis ini masih memakai jasa mesin pembakaran konvensional bisa bahan bakar bensin atau solar. Mesin bensin atau solar pada mobil hybrid jenis ini hanya sebagai generator listrik. Mesin beroperasi pada putaran mesin yang stabil untuk mengisi ulang energi listrik pada baterai. Karena tugasnya hanya sekedar untuk mengisi ulang energi baterainya, maka kapasitas mesin Mobil Full Hybrid ini pun lebih kecil dari mobil seukurannya dengan berbahan bakar konvensional. Karena tugas dan kapasitas mesin minim, maka konsumsi bahan bakar mobil full hybrid tersebut sudah pasti lebih irit ketimbang mobil bermesin pembakaran konvensional.

3. Plug in Hybrid
Mengapa namanya plug-in hybrid? Karena memang sistem pengisian ulang energi pada baterai listrik mobil hybrid ini bisa dilakukan secara eksternal, atau dengan mencolokkan (plug-in) kabel konektor ke soket listrik. Layaknya mengisi ulang mobil listrik sepenuhnya. Konfigurasi hybrid yang sama digunakan pada sistem paralel maupun series. Mobil Paralel Plug-in Hybrid memiliki sistem hybrid paralel yang artinya mesin bensin juga berfungsi untuk memutar roda dan mengecas ulang baterai. Tambahan sistem pengisian listrik secara plug-in bertujuan untuk mengurangi beban mesin untuk mengisi ulang energi baterai. Sederhananya, saat energi listrik pada baterai habis, maka mesin bensin hidup untuk mengisi ulang energi baterai. Namun bagaimana saat sisa daya pada baterai habis namun pengemudi telah sampai di tujuan? Pasalnya mesin mobil pasti dimatikan saat sedang parkir.

Ini gunanya sistem plug-in. Saat parkir, pengemudi bisa mengisi ulang energi baterai mobil hanya dengan mencolokkan kabel konektor pada jaringan listrik umum. Jadi saat kembali ingin melanjutkan perjalanan, energi baterai sudah terisi penuh dan mesin pun bisa istirahat lebih lama karena belum dibutuhkan untuk mengisi ulang baterai. Kecuali saat akselerasi penuh, maka mesin bensin kembali hidup untuk memberikan dorongan tenaga yang dibutuhkan.


Sistem pengisian ini lebih efektif sebetulnya pada mobil series plug-in hybrid. Karena mesin bensin pada mobil hybrid jenis ini hanya berfungsi untuk mengisi ulang baterai saja. Namun bila baterai sudah terisi penuh terlebih dahulu secara eksternal, maka kinerja mesin bensin menjadi lebih minim. Mesin bensin hanya hidup setelah energi baterai habis. Itu sebabnya mobil jenis ini banyak yang disebut sebagai Range Extender. Mesin bensin hadir untuk menambah jarak tempuh bila energi listrik telah habis. Tapi tidak dengan cara memutar roda, melainkan menjadi generator listrik untuk menyalurkan energi yang dibutuhkan oleh motor listrik untuk memutar roda.

Dapatkan informasi terbaru mengenai Pemesanan, Spesifikasi, Harga Mobil Toyota Camry Hybrid & Harga Alphard Hybrid Semarang, Promo Toyota Semarang & Pembelian secara Tunai atau Kredit Toyota Semarang, silakan menghubungi Sales Dealer Toyota Semarang:


NASMOCO KALIGAWE
PIC: Sales Counter Tira
Office: 024-6580100 ext 125
Mobile: 0813-2622-9000
Whatsapp: 0815-7522-9000


HARGA TOYOTA SEMARANG 2018

Postingan populer dari blog ini

MOBIL TOYOTA HILUX JADI PICK UP TERKENCANG DI INDONESIA - SALES DEALER TOYOTA SEMARANG

TOYOTA PROACE JADI MOBIL NIAGA ANDALAN TOYOTA - INFORMASI DEALER TOYOTA SEMARANG NASMOCO

HARGA & SPESIFIKASI MOBIL TOYOTA ETIOS VALCO SEMARANG - SALES DEALER NASMOCO CASH & KREDIT